Trik Berjualan Online di Sosial Media yang Harus Diketahui
Bisnis

Strategi Jualan Online di Sosial Media yang Sebaiknya Diterapkan Semua Pebisnis

Strategi Jualan Online di Sosial Media yang Sebaiknya Diterapkan Semua Pebisnis –¬†Awalnya, sosial media hanya berupa platform yang memberi tempat untuk beragam orang saling mengenal dan berkomunikasi. Namun, seiring berjalannya waktu, sosial media sekarang menjadi tempat berbisnis yang menguntungkan. Istilahnya adalah berjualan online. Lebih menguntungkannya lagi, berjualan secara online bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari remaja sekolah hingga ibu-ibu rumah tangga. Hingga sebagian orang pun akhirnya membuat semacam pasar online atau marketplace sebagai wadah khusus berjualan. Namun, sekarang kita tidak akan membahas mengenai marketplace, tetapi mengenai strategi jualan online di sosial media.

Trik Berjualan Online di Sosial Media yang Harus Diketahui

Trik Berjualan Online di Sosial Media yang Harus Diketahui

Trik Berjualan Online di Sosial Media yang Harus Diketahui

  1. Ketahui target pasar produkmu

Sebelum memulai berjualan, ada baiknya mengetahui target pasar dari produk yang akan kamu pasarkan. Misalnya, apakah targetmu adalah perempuan, laki-laki, remaja, dewasa, anak-anak, dan lain sebagainya. Hal ini akan membantumu mengetahui secara spesifik produk apa yang harus dijual. Misalnya, ketika ingin menjual kosmetik, targetmu adalah para wanita, berarti kosmetik yang harus kamu jual adalah untuk wanita saja. Semakin spesifik, konsumen akan semakin mudah menemukanmu dan membeli produkmu.

 

  1. Buat status menarik untuk promosi

Caption dalam postingan juga sangat memengaruhi bagaimana konsumen memandangmu. Cobalah untuk membuat caption yang kekinian dan akan membuat pembaca tertarik. Gunakan bahasa yang baik dan benar, usahakan minimal typo, dan jangan membuat status yang memancing pertengkaran. Memang banyak syaratnya, tapi bukan berarti kamu pusing duluan sampai tidak bergerak untuk segera berbisnis. Jiwa masih awal-awal, caption seadanya pun tak apa, asal kamu mau terus belajar untuk lebih baik. Lama-lama kamu akan semakin ahli.

 

  1. Selalu gunakan hastag yang banyak dicari

Hastag ini ternyata sangat ampuh dalam berpromosi. Banyak orang mencari apa yang diinginkannya melalui hastag. Hal ini pun harus kamu manfaatkan dengan baik. Ingat, jangan gunakan satu hastag saja, gunakan sebanyak mungkin asal tidak terindikasi spam. Untuk menghindari spam dan memaksimalkan pencarian, selalu gunakan hastag yang sedang populer.

 

  1. Balas chat konsumen dengan cepat

Untuk mendapatkan kepercayaan dan respek dari konsumen, usahakan selalu membalas chat atau pertanyaan mereka di kolom komentar. Semakin kamu kooperatif, calon konsumen akan menganggap bahwa kamu dapat dipercaya dan ramah. Terlebih, para pelanggan selalu mencari penjual dengan respon yang cepat sehingga mereka bisa segera melakukan transaksi. Jika terlalu lama diabaikan, mereka akan segera mencari penjual lainnya.

Namun, jangan lupa juga untuk menggunakan bahasa yang baik ketika membalas. Jangan memberi titik satu pada akhir kalimat, karena biasanya beberapa pelanggan menganggap kamu sedang marah. Gunakan emoticon jika perlu untuk menunjukkan bahwa kamu ramah dan enak diajak berbicara. Siapa tahu nantinya mereka akan menjadi pelanggan tetap kamu karena merasa sudah akrab.

 

  1. Selalu upload foto baru untuk produkmu

Pembaharuan produk juga merupakan salah satu strategi yang harus selalu kamu terapkan. Calon konsumen akan melihat kapan terakhir foto produkmu diperbarui. Jika terlalu lama, kadang mereka pun jadi kurang percaya dan menganggap kamu sudah tidak berjualan lagi. Terlebih, foto yang baru akan membuat beranda followersmu dipenuhi produk-produk barumu. Siapa tahu mereka tertarik. Jika anda jualan di shopee, bisa baca disini cara upload produk di shopee dengan mudah dan cepat.

 

Jika bisa, gunakan video sebagai media promosi. Sekarang ini para pengguna internet suka melihat video-video yang menarik dan lucu. Jika promosimu viral, tidak menutup kemungkinan tokomu akan diserbu netizen.

Tips-tips atau strategi jualan online tersebut dapat Anda mulai terapkan dari sekarang. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like...